Penggunaan Media Game Edukasi dalam Pembelajaran Daring

PENGGUNAAN MEDIA GAME EDUKASI DALAM PEMBELAJARAN DARING
DI SMP DARUL HIKMAH KUTOARJO
Disusun Oleh : Benita, S.Kom
Guru SMP Darul Hikmah

Dunia saat ini masih dilanda wabah virus Covid-19. Hampir seluruh negara terkena dampaknya. Di Indonesia pandemi Covid-19 memberikan dampak yang besar pada Pendidikan, pelaksanakan pembelajaran daring adalah salah satu model pembelajaran yang dilakukan pada masa pandemi, karena dalam prinsip kebijakan pendidikan di masa pandemi Covid-19 adalah mengutamakan kesehatan dan keselamatan para peserta didik, para pendidik, tenaga kependidikan, keluarga, dan masyarakat pada umumnya, dalam rangka pemenuhan layanan pendidikan selama masa pandemi.

Pembelajaran daring di tengah pandemi ini memiliki dilema tersendiri, namun pembelajaran daring merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mencegah penyebaran Covid-19 di Indonesia. Pembelajaran daring tentunya memiliki dampak positif dan negatif. Guru, peserta didik, dan seluruh pihak yang terlibat harus bijksana dalam menyikapi pembelajaran daring yang sedang berlangsung di tengah pandemi ini agar pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan lancar sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.

Dengan ditiadakannya pembelajaran tatap muka terbatas, para guru harus memastikan kegiatan belajar mengajar tetap berjalan. Meskipun peserta didik berada di rumah saja. Guru dituntut mendesain media pembelajaran sebagai inovasi dengan memanfaatkan media daring (online). Pemberian tugas dan catatan membuat peserta didik merasa bosan dengan situasi pembelajaran yang monoton.

Untuk mengatasi kebosanan peserta didik dalam pembelajaran daring, maka para guru di SMP Darul Hikmah membuat media pembelajaran berupa multimedia interaktif bermuatan game edukasi yang berisi materi pembelajaran. Pemanfaatan multimedia interaktif dirasa sangat tepat untuk dapat mengoptimalkan proses maupun hasil belajar peserta didik.

Beberapa game edukasi yang digunakan oleh para guru untuk media pembelajaran di antaranya pertama Quizizz. Merupakan sebuah web tool untuk membuat permainan kuis interaktif untuk digunakan dalam pembelajaran. Pengunaannya sangat mudah, kuis interaktif yang anda buat memiliki hingga lima pilihan jawaban termasuk jawaban yang benar.

Yang kedua Wordwall. Aplikasi berbasis website yang dapat digunakan untuk membuat media pembelajaran. Seperti kuis, mejodohkan, memasangkan pasangan, anagram, acak kata, pencarian kata, mengelompokkan, dan lain sebagainya. Wordwall dapat digunakan guru sebagai latihan soal diawal pembelajaran dan akhir pembelajaran, serta memonitoring hasil aktifitas peserta didik

Dengan memanfaatkan game edukasi yang sesuai dengan perkembangan peserta didik dalam pembelajaran dapat memberikan dampak dan nilai postif yang membuat peserta didik di SMP Darul Hikmah termotifasi, kegiatan belajar peserta didik menjadi lebih bermakna

Bermain game juga bisa meningkatkan kecerdasan kognitf anak seperti kemampuan berhitung, kemampuan mengenal bentuk bentuk benda. dengan pemanfaatan game edukasi peserta didik dapat belajar sekaligus bermain. kerjasama orang tua juga sangat dibutuhkan yaitu dengan membantu peserta didik belajar dari game yang dimainkan oleh peserta didik dan juga mengontrol waktu bermainnya.

Kontak Kami

Alamat

Jl. S Parman Kutoarjo, Kec. Kutoarjo, Purworejo

Telp

(0275) 642451 (Sekolah)

Instagram

ponpes_darul.hikmah.kutoarjo

Facebook

Darul Hikmah Islamic Boarding School

Email

SMP : smpdarulhikmahkutoarjo@gmail.com
SMA : sma.darulhikmah.kutoarjo@gmail.com