Darul Hikmah sebuah lembaga pendidikan islam berbasis asrama yang moderen atau lebih dikenal pondok pesantren modern. berlokasi pada suatu kawasan asri nan rindang di lereng sebuah bukit yang tidak tinggi dan tidak terlalu lebar, namun cukup lebar di sisi barat dan timur kurang lebih 600 meter.
di sebelah utara terhampar sawah dan di sebelah selatan berdiri bangunan kokoh berupa hunian, perkantoran lingkungan sekolah, rumah ibadah, rumah sakit,dan pasar suatu tatanan lingkungan yang memiliki peduduk yang padat dan memiliki banyak aktivitas.
Kawasan pendidikan ini berletak di utara kota kecamatan kutoarjo salah satu kota terpadat di kabupaten purworejo jawa tengah.
Loasi darul hikmah cukup mudah di jangkau terutama bus dan kereta api karena hanya berjarak 1500 m dari stasiun kutoarjo yang merupakan stasiun terbesar di purworejo.
Jalan raya merupaka urat nadi perekonomian dan lalu lintas selatan sebagai trans antara jogja dan kota kota yg berada pada jarak 8 km. dari jogja 60km mgl 30km kebumen 30 km dan 15km ke pantai selatan pulau jawa.
Pondok pesantren darul hikmah kutoarjo adalah lembaga baru. Pendiri dan penyelenggara adalah yayasan darul hikmah sebuah yayasan berbadan hukum no 6 tgl 19 juni 2000.
Berdiri th 2001 atas sponsor keluarga bapak besar H. Bustanil arifin S.H yang memiiki hubungan pertalian darah sangat erat dengan para sesepuh kutoarjo pada masa lampau.
Hubungan emosi yg kuat dengan para leluhur dan masyarakat kutoarjo menjadi sumber inspirasi dan motivasi untuk mendirikan yayasan yang di kelola secara professional untuk menghasilkan lulusan yang berkopetensi dan keunggulan sebagai wujud nyata partisipasi dan peran mencerdaskan putra-putri Kutoarjo dan sekitarnya sebagai amanat dalam UUD 1945 yang berbunyi “mencerdaskan kehidupan bangsa”.
Dilihat dari latar belakang pengalaman keluarga tersebut maka gagasan di atas bukan suatu yang mluk. jauh sebelum mendirikan pondok pesantren Darul Hikmah Bustanul Arifin telah mendirikan perguruan Al-izhar yaitu pendidikan yang mengajarkan anak didik dari taman kanak-kanak hingga SMA. Dan kini telah menjadi pendidikan favorit di jakarta didukung oleh program yang mantap srana prasarana yang lengkap tenaga pendidikan yang ber pengalaman dan menejemen yang handal.
Pondok pesantren darul hikmah dikelola oleh satu menejemen yang dipimpin oleh direktur. Direktur dibantu oleh beberapa pejabat structural dibawahnya yang bertanggung jawab penuh dalam penyelenggaraan unit yang dipimpin baik secara administrasi maupun operatifv
Pejabat structural pembantu direktur adalah kepala SMP bertanggung jawab dalam penyelenggaraan formal kulikuler SMP. Kepala SMA bertanggng jawab dalam formal kulikuler SMA. Kepala pengasuhan bertanggung jawab dalam pembinaan dan layanan kesantrian antara lain keagamaan dan kerohanian serta kegiatan di asrama kegiatan ekstra. Kepala bagian umum dan keuangan bertanggung jawab dalam pemberian layanan kerumah tanggan, peralatan dan perlengkapan, SDA pemeliharaan asset lembaga. masa tugas pejabat structural adalah 4 tahun dan setelah itu dapat diangkat kembali dalam unit tugas yang sama atau dalam unit yang lain.
Darul Hikmah berasal dari bahasa arab dari dua kata yaitu “dar” yang artinya rumah dan “ hikmah” kearifan atau kebijaksanaan. pemilihan darul hikmah sebagai nama pondok pesantren secara tersirat menggambarkan harapan bagi para penggagas nya agar lembaga ini tumbuh menjadi pusat atau kiblat pecinta ilmu dan kearifan suatu harapan yng mulia tapi juga tantangan bagi yang mewujudkannya.
Rumusan visi sebagai acuan dan arah pandang penyelenggaraan pondok pesantren darul hikmah adalah bentukan pribadi yang tangguh sebagai pemimpin dan sebagai anggoota masyarakat. yaitu pribadi yang memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi kepada Allah swt sesama manusia dan lingkungan cerdas terampil terbuka dan mandiri.
visi darul hikmah diatas dijabarkan lebh lanjut menjadi beberpa pernyataan tentang misinya sebagai dasar pembuatan parameter dan tolak ukur kinerja lembaga sebagai berikut; mewujudkan keterbantuan dan keseimbangan antara pendidikan, daya piker, pembentukan karakter, keterampilan, serta mengembangkan peserta didik untuk menemukan potensi dirinya. Mengutamakan keungglan dalam prospek setiap pembelajaran dan pembinaan peserta didik. Membudidayakan setiap peserta didik dengan bahasa asing (arab inggris) tertentu dalam momunikasi sehari hari. membangun peserta didik dalam membangun konsep diri sehingga terbangun harga diri kehormatan dan tanggung jawab sebagai muslim yang madiri dan terbuka serta nondikotomi dalam beragama.
Darul Hikmah menganut pandangan bahwa setiap manusia memiliki potensi dasar sejak lahir seperti; kecerdasan intelegensia, kecerdasan, kepemimpinan, kecerdasan, emosional kecerdasan, spiritual dan masih banyak lagi kecerdasan lainnya. Penidikan merupakan upaya sadar dalam memberikan pengalaman peserta didik menuju kedawasaan.
Agar kecerdasan dapat berkembang dan menjadi actual dan fungsional maka dunia pendidikan memberikan kecerdasan secara kongkret dan seluas-luasnya.
Implementasi pendidikan pondok pesantren selama 6 tahun SMP dan SMA. Kurikulum yang di gunakan merupakan perpaduan antara kurikulum umum dan kepondokan mengutamakan pendekatan proses dalam pembelajaran dan pembinaan siswa atau santri dan membuka kesempatan yang luas dalam pembelajaran yang inovatif, eksploratif, kratif, aplikatif, dan komunikatif.
Antara pedidikan formal di sekolah dan pembinaan kepesantrenan di asrama memiliki kesamaan tujuan atau satu arah yang sama dan bersifat saling mendukung. Di lingkungan asrama para santri memiliki kesempatan yang luas untuk lebih memperdalam dalam memahami pelajaran di sekolah, menguasai berbagai keterampilan kesenian,dan berolahraga, serta kemampuan berkomunikasi dengan bahasa asing (arab inggris). latihan kemandirian kemampuan, bersosialisasi semua yang ter program di atas di mungkinkan terencana secara matang dibawah koordinasi bagian pengasuhan.
Sekedar contoh pembinaan meliputi tata tertib, belajar malam, kerjabakti di minggu pagi, olahraga meliputi; sepak bola, tenis meja, dan beladiri yang diarahkan kepada prestasi. kesenian klub teater,dan music klasik keterampilan serta latihan kempemimpinan kegiatan di atas melibatkan pengurus organisasi siswa dari perencanaan pelaksanaan dan evaluasinya.
Kurikulum yang di gunakan adalah kurikulum pendidikan nasional yang di perkaya dan di padukankan dengan kurikulum kepesantrenan yang di sesuaikan visi dan misi pondok pesantren darul hikmah. di harapkan dapat membentuk pendidikan karakter dan stamia diri pengembangan kemampuan akdemik dan pngetahuan kehidupan.
Untuk mencapai target dan tujuan maka di bentuk strategi program seperti menambah jam pelajaran,memperkaya kurikulum,ss memberi pengalaman nyata, mengadakan pelajaran lintas mata pelajaran, meningkatkan srana dan pra sarana, kerjasama dengan instansi lain dalam hal pendidikan.
Adapun pendidikan unggulan yang di tawarkan meliputi penguasaan materi dan pengamalan agama islam, penguasaan dalam mtk kimia, fisika,dan biologi, penguasaan dalam bahasa asing (arab inggris)dasar dasar penelitian, kemampuan bertanggung jawab, dan kemampuan menyerap informasi.
Strategi pembelajaran diarahkan kepada proses belajar tuntas membatasi jumlah kelas atau rombongan belajar 2 kelas setiap level dan 25 siswa setiap kelas, mengembangkan belajar mandiri, mengembangkan sesuai bakat dan tergantung minatnya, mengadakan klinik belajar kepada siswa yang kesulitan dalam pelajaran tertentu, pengayaan, untuk bahasa santri di wajibkan menggunakannya dalam komunikasi kesehariannya.
Pembinaan kultur kehidupan Pondok Pesantren Darul Hikmah diarahkan pada dasar nilai tertentu sebagai acuan perilaku komunitas di dalamnya. baik sebagai santri maupun sebagai pendidik dan tenaga kependidikan lainnya. baik dilingkungan sekolah maupun dilingkungan asrama, dan bahkan di masyarakat.
nilai nilai dasar tersebut diantara lain keikhlasan yaitu sikap mental dalam melakukan aktivitas apapun supaya di dasari oleh komitmen dedikasi dan antusiasme pengabdian atau ibadah kepada Allah swt. kesederhanaan yang mengandung arti kewajaran balance dan tidak berlebih lebihan. kolektivitas kebersamaan dan kesetia kawanan yang dapat diwakili oleh satu kata ukhuwah. kemandirian dalam arti kesiapan hidup mandiri berbekal life skill safe sklill berupa kreativistas rasa percaya diri kemampuan berkomunikasi dan beradaptsi serta keberanian mengambil keputusan dalam berbagai situasi dan kondisi. kebebasan sebagai ruang gerak yang leluasa untuk berikhtiar memahami sunatullah dalam kehidupan dan mempelajari berbagai pandangan dan aliran pemikrian sebagai dasar pemilihan tingkat hidup yang bertanggung jawab.
Beberapa prestasi dalam kejuaraan yang pernah diraih: juara 2 pidato bahasa inggris tingkat SMA se-Jawa tengah juara 3 pdito bahasa inggris tingkat sma se-Jawa tengah juara 1 pidto bahasa inggris antar pondok pesantern se jawa tengah juara 1 sepak bola tingkat smp se kutoarjo juara 1 menggambar tingkat smp se kutoarjo juara 1 tenis meja tingkat smp sma se kutoarjo
Darul hikmah menempepatkan lingkungan social di dalam kampus sebagai sumber utama atau disebut juga laboratorium social tempat para santri saling berinteraksi dalam berbagai aktivitas dan momentum apa yang mereka saksikan dengar dan hayati dikondisikan sebagai bagian dari proses pendikkan diluar pembentukan kondisi di atas telah disediakn pusat pembelajaran yang dapat mereka manfaatkan baik terkait dengan bidang studi dan atas bimbingan guru mengampu mata peajaran terkait maupun sebagai program organisasi santri darul hikmah 1 lab computer 2 lab bahasa 3 lab ipa 4 perpus sekolah dan perpus osdh masjid bukan hanya sebagai tempat ibadah tapi pembinaan kemampuan membaca al quran dan belajar malam atau mengulang pelajaran
Nama organisasi di pondok pesantren darul hikmah adalah organisasi santri darul hikmah(osdh) memiliki fungsi dan peran yang kurang lebih sama dengan dengan osis di sekolah lain. perbedaan perbedaan kecil antara keduanya terutama terletak pada ruang lingkup dan cangkupan program kegiatan sesuai dengan kebutuhan dan peluang yang dimiliki oleh masing masing osdh pada hakikatnya merupakan kepanjangan tangan dan pelaksana teknis program program bagian pengasuhan.
OSDH terdiri dari 13 bagian dan setiap bagian menangani suatu kegiatn tertentu sehingga bagian bagian tersebut mencerminkan dinamika kehidupan santri diasrama setiap bagian memiliki susunan kepengurusan yang terdiri dari ketua sekretaris bendahara dan seorang atau lebih staf tergantung kebutuhan
Bagian bagian osdh adalah bagian utama terdiri dari para pimpinan osdh bagian keamana bertanggung jawab atas kedisiplinan di kampus bagian bahasa bertanggung jawab atas kebahasaan dan pembudayaan atas bahasa arab dan inggris bagian kebersihan sebagai pengawas kebersihan dan ketertiban di asrama dan dapur bagian penerangan bagian logistic bagian kesehatan bagian ibadah bagian komputasi bagian kesenian bagian kepramukaan bagian olahraga bagian pendidikan dan pengajaran.
Osdh aktif mengikuti berbagai event lomba di luar kampus baik atas penugasan dari sekolah memenuhi undangan dari luar maupun atas prakarsa sendiri yang bersifat terbuka.
Para pengelola adalah tim manajemen terdiri dari sarjana sarjana yang telah berpengalaman mengelola pondok pesantren yang professional tenaga pengajar terdiri dari s1 dan s2 lulusan dari berbagai perguruan tinggi, mengampu mata pelajaran yang sesuai dengan latar belakang keilmuannya.
Lebih dari 90% lulusan SMP darul hikmah melanjutkan ke SMA darul hikmah. Beberapa siswa yang terpaksa melanjutkan ke luar pondok dengan suatu alas an yang spesifik.
Sampai akhir tahun pelajaran 2007-2008 SMA Darul Hikmah telah melulusakn 2 angkatan sebayak 22 santri dengan prosentase kelulusan 100%. Kurang lebih 70% dari lulusan tersebut mejlanjutkan ke perguruan tinggi negeri dan sebanyak 6 santri diantaranya menerima beasiswa dari departemen agama yang bekerjasama dengan universitas negeri di tanah air
Alamat
Jl. S Parman Kutoarjo, Kec. Kutoarjo, Purworejo
Telp
(0275) 642451 (Sekolah)
Darul Hikmah Islamic Boarding School
SMP : smpdarulhikmahkutoarjo@gmail.com
SMA : sma.darulhikmah.kutoarjo@gmail.com